Teknologi adalah tema penting dalan pendidikan sehingga selalu di kaitkan dalam pembahasan. Contohnya saja dalam teknologi dan perkembangan kosakata anak. Analisis terhadap sofware untuk mengembangkan kosakata anak telah memberikan beberapa pedoman diantaranya :
1. Hubungkan kata baru dengan kata yang sudah diketahui. Kosakata baru disajikan sedemikian rupa sehingga berkaitan dengan kata yang sudah dikenal oleh murid,murid di dorong untuk memetakkan makna kata baru itu dalam pengalamannya.
2. Mempromosikan pemrosesan aktif dan mendalam, maksudnya murid dimotivasi untuk mengkontruksi makna , bukan hanya diajari melalui memorisasi mana kata.
3. Mendorong kegiatan membaca. Membaca meningkatkan penguasaan kata. Sofware harus mempromosikan perkembangan kosakata untuk memotivasi murid agar memperluas pembelajaran mereka melelui membaca.
Revolusi Teknologi
Murid dewasa yang tumbuh di dunia yang jauh berbeda dengan masa ketika orang tua dan kakek mereka masih menjadi murid. Contohnya saja jika murid ingin siap kerja, teknologi harus menjadi bagian integral dari sekolah dan perjalanan di kelas. Revolusi teknologi adalah bagian dari masyarakat informasi dimana kita kini hidup. Masyarakat informasi baru menghandalkan beberapa keahlian nonteknologi mendasar seperti: keterampilan berkomunikasi, kemampuan memecahkan masalah, berpikir kretif, berfikir mendalam, dan bersikap positif. Akan tetapi, di dunia yang kini berorientasi teknologi, kompetensi orang makin ditantang dan diperluas dengan cepat. Teknologi sudah menjadi bagian dari sekolah sejak beberapa dekade, tetapi teknologi masih dipakai secara sederhana dan berubah dengan lamban. Namun, kini teknologi berubah secara drasmatis. Faktanya bahwa pada 1983 hanya ada 50.000 komputer di sekolah-sekolah Amerika. Dan pada 2002 ada lebih dari 6 juta setiap sekolah sedikitnya punya satu komputer. Penggunaan teknologi komputer dalam mempelajari kehidupan menghasilkan pembelajaran yang lebih interaktif ketimbang dengan hanya membaca buku atau mendengarkan paparan deskripsi dari guru. Walau teknologi berpotensi meningkatkan pembelajaran murid, sekolah masih ketinggalan dalam memanfaatkan teknologi dibanding tenaga lain seperti bisnis. Dalam survey hanya 1 dari 11 murid yang menggunakan komputer sekolah untuk pembelajaranbahasa, 1 dari 15 untuk pelajaran matematika, dan hanya 1 dari 40 untuk pelajaran sains.
Internet
Internet adalah inti dari komunikasi melalui komputer. Sistem internet berisi ribuan jaringan komputer yang terhubung diseluruh dunia, menyediakan informasi yang tak terhingga yang dapat diakses murid.
Berikut ada tips cara efektif untuk menggunakan internet di dalam kelas :
1. Untuk membantu menavigasi dan mengintegrasikan pengetahuan. Interenet punya database informasi besar tentang berbagai topik yang diorganisasikan dalam banyak cara yang berbeda. Kita dapat mengekplorasikan sumber-sumber internet, kita bisa menempatkan sendiri karya kita dalam riset dengan menyusun proyek yang mengintegrasikan informasi dari beragam sumber.
2. Mendorong belajar bersama. Salah satu cara yang efektif untuk menggunakan internet didalam kelas adalah melalui aktivitas proyek atau tugas untuk kelompok kecil. Kita dapat menyusun survei sendiri dan berharap mendapat respon dari berbagai kalangan di tempat lain didunia.
3. Menggunakan E-mail. Kita menggunakan e-mail untuk berkomunikasi dengan murid sekolah lain di berbagai negara. E-mail juga dapat bermanfaat bagi murid pemalu yang mudah gugup dan cendrung menghindari komunikasi tatap muka dengan orang lain.
4. Untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman guru. Sumber internet yang paling bagus untuk guru adalah ERIC Resourgh Information Center (http//ericir,syr.edu), yang menyedikan informasi gratis tentang berbagai topik pendidikan.
Teknologi juga akan menjadi bagian penting bagi guru. Berikut pedoman untuk memilih dan menggunakannya.
1. Pilih teknologi dengan tujuan untuk membantu anda melakukan eksplorasi aktif, menyusun dan me-restrukturisasi informasi. Salah satu review mengatakan bahwa pembelajaran murid akan meningkat jika informasi diberikan dalam bentuk multimedia yang memici kita untuk aktif memilih, mengorganisir, dan mengintegrasikan informasi visual dan verbal.
2. Cari cara untuk menggunakan teknolgi sebagai bagian dari pembelajaran kolaboratif dan pembelajaran dunia nyata.
3. Pilih teknologi yang menyajikan model positif bagi kita.Jadikan teknologi sebagai sesuatu yang bermanfaat bagi kita bukan malah menyalahgunakan teknologi yang dapat merugikan diri kita sendiri.
4. Keahlian pengajaran kita sangat penting, terlepas dari teknologi yang kita pakai. Teknologi menjadi efektif dikelas hanya jika kita tahu cara menggunakannya, menunjukkannya, memedu dan memonitor penggunaanya, dan menggunakannya untuk mengembangkan motivasi belajar aktif dan berkomunikasi secara efektif.
5. Teruslah mempelajari teknologi dan tingkatkan pengetahuan dan kompetensi di bidang teknologi. Dengan mempelajari teknologi dan dapat mengusainya , dengan begitu kita dengan mudah mengikuti perkembnagan zaman yang telah modern ini dan pastinya kita tidak akan ketinggalan zaman.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar